Labels

Pages

Minggu, 27 Mei 2012

analisis silabus


1.      Dari hasil observasi yang telah kami lakukan di SMP ISLAM AL HADI Sukoharjo, guru PKN di SMP tersebut silabus diambil dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan persetujuan seluruh Tim MGMP Kabupaten Sukoharjo yang sudah dijadikan tolok ukur untuk merancang silabus.  Dalam hal ini sekolah yang bersangkutan tidak diberi kewenangan untuk mebuat silabus sendiri.
2.      Guru PKn di SMP AL HADI tidak menganalisis SKL, hal ini dikarenakan SKL sudah dibuat oleh guru-guru mata pelajaran itu sendiri. Untuk KD terhadap SK guru PKn melakukan analisis berdasarkan silabus dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan mengembangkannya menjadi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
3.      Penempatan rumusan nilai pada silabus dimasukan dalam materi yang disampaikan kepada siswa. Contohnya pendidikan anti korupsi di ajarkan dalam BAB tersendiri ( kelas VIII semester gasal BAB V ). Sedangkan untuk pendidikan karakter tidak dimasukan dalam silabus, akan tetapi dalam proses pembelajaran tetap ditanamkan kepada siswa.  


Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa :
NILAI
Penerapan Dalam Pembelajaran
Religius
Diwajibkan sholat berjamaah dimasjid, sebelum mulai pelajaran siswa diwajibkan bertadarus Al-Quran bersama, memisah antara kelas siswa perempuan dan laki-laki.
Jujur
Siswa dilatih untuk senantiasa menanamkan sikap jujur melalui kantin kejujuran.
Toleransi
Dalam bab menguraikan  nilai-nilai Pancasila  sebagai  dasar negara  dan ideologi Negara siswa dianjurkan menghargai pemeluk agama lain di masyarakat.
Disiplin
Siswa diharuskan datang ke sekolah tepat waktu
Kerja Keras
Siswa dilatih untuk selalu giat belajar
Kreatif
Siswa diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, komputer,dll
Mandiri
Siswa diberi tugas individu untuk melatih kemampuan
Demokratis
Siswa ikut berpartisipasi dalam pemilihan ketua osis dan juga ketua kelas.
Rasa Ingin Tahu
Siswa aktif bertanya pada saat proses kegiatan belajar mengajar
Semangat Kebangsaan
Siswa mengikuti upacara bendera secara disiplin
Cinta Tanah Air
Siswa menghargai jasa para pahlawan dengan cara ikut mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia

Menghargai Prestasi
Siswa yang berprestasi mendapatkan beasiswa
Bersahabat/ Komuniktif
Siswa dilatih untuk saling menghargai pendapat siswa lainnya
Cinta Damai
Siswa dibiasakan untuk tidak melakukan tindakan anarki,seperti tawuran
Gemar Membaca
Siswa diberi meresume agar terbiasa untuk membaca
Peduli Lingkungan
Siswa diwajibkan menjaga kebersihan dengan diadakannya regu piket
Peduli Sosial
Siswa dilatih untuk selalu berbagi sesama dengan melalui infak setiap minggunya
Tanggung-jawab
Siswa dilatih bertanggungjawab melalui organisasi kesiswaan

0 komentar:

Posting Komentar