Berdasarkan
data yang berhasil dikumpulkan dilapangan dan dianalisis yang telah dilakukan
oleh peneliti maka dapat ditarik suatu kesimpulan guna menjawab perumusan
masalah. Adapun kesimpulan peneliti adalah sebagai berikut :
- Peranan guru dalam meningkatkan pprestasi belajar siswa :
a.
Mengajar
dan mendidik siswa agar memiliki budi pekerti dan sopan santun
b.
Membimbing
siswa dalam memecahkan masalah baik akademik maupun nonakademik.
c.
Member
contoh dan menjadi teladan bagi siswa.
d.
Memotivasi
siswa agar rajin belajar dengan cara member nasehat, pujian, dan dorongan
kepada siswa
e.
Menyediakan
media dalam proses belajar mengajar.
f.
Mengevaluasi
hasil belajar siswa berdasarkan siskap, perilaku, tanggung jawab, dan nilai.
- Faktor-faktor yang mendukung peranan guru dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa SMA dan SMK se Surakarta adalah :
a.
Metode
belajar guru yang bervariasi
b.
Kurikulum
tingkat satuan pendidikan
c.
Motivasi
dari guru
d.
Sarana
dan prasarana
e.
Minat
siswa terhadap mata pelajaran pkn
- Faktor-faktor yang
menghambat peranan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pkn di
SMA dan SMK se Surakarta adalah :
a.
Siswa
kurang optimal dalam memanfaatkan layanan bimbingan dari guru
b.
Tersedianya
media pembelajaran yang kurang memadai
c.
Guru
kurang mampu dalm mengelola kelas ditandai dengan ramainya beberapa siswa, ada
yang mengantuk dan ada beberapa siswa bercerita sendiri saat kegiatan belajar
mengajar
Hambatan
yang ada tidak dibiarkan begitu saja, beberapa cara untuk mengatasi hambatan
itu selalu dilakukan oleh guru dan pihak sekolah SMA dan SMK se Surakarta
antara lain :
- Guru ikut berperan secara aktif dalam membantu siswa yang mempunyai
permasalahan dengan cara memberikan bimbingan kepada siswa.
- Pihak sekolah akan berusaha menyediakan media pembelajaran yang
digunakan oleh guru yang dapat meningkatka minat belajar siswa sehingga
prestasi belajar siswa akan meningkat
- Guru harus lebih meningkatkan dalam pengelolaaan kelas agar siswa
dapat diatur dan meras nyaman didalam kelas saat proses belajar mengajar
0 komentar:
Posting Komentar