Labels

Pages

Selasa, 20 Maret 2012

Tugas Komputer Lanjut



PEMBELAJARAN PKN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM RANGKA PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGENAI MENGEMUKAKAN PENDAPAT SECARA BEBAS DAN BERTANGGUNG JAWAB



PENDAHULUAN
Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan media pembelajaran. Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan mahasiswa. Seperti yang kita ketahui,teknologi kini telah merembes dalam kehidupan kebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun.Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu untuk memiliki teknologi tersebut sehingga bisa menjadikannya sebagai media pembelajaran PKn khususnya tentang pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat   secara bebas dan bertanggung jawab yang menarik, interaktif, dan mampu mengembangkan kecakapan personal secara optimal, baik kecakapan, kognitif, afektif, psikomotrik, emosional dan spiritualnya. Hal ini amat memungkinkan, ketika ruang belajar di luar gedung sekolah, telah menghasilkan berbagai produk audiovisual yang bernilai- edukatif, mulai dari mata pelajaran yang yang disajiukan dalam bentuk quiz, ataupun dalam bentuk penceritaan dan berbagai permainan yang memukau
PERMASALAHAN
Menurut Dr. E Mulyasa, M.Pd (2007:255) “ pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam interaksi tersebut banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal yang datang dari dalam diri individu, maupun faktor eksternal yang datang dari lingkungan. Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan media pembelajaran. Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan mahasiswa. Model  pembelajaran  yang  diterapkan  dalam  pembelajaran berbantuan komputer secara  umum  dapat  diklasifikasikan  menjadi  empat model,  yaitu  : 1) tutorial,  2) drill  and  practice, 3) simulation, dan 4)  problem-solving.  Dalam proses pembelajaran PKn yang ada di sekolah secara umum didominasi dengan metode ceramah tanpa media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa. Akibatnya siswa kurang berminat, kurang bergairah dan cenderung tidak aktif.
PEMBAHASAN
Media adalah kata jamak dari medium, yang atinya perantara. Dalam proses komunikasi, media merupakan satu dari 4 komponen yang harus ada, komponen lain yaitu sumber informasi, informasi, dan penerima informasi. Apabila salah satu komponen informasi tidak ada maka proses komunikasi tidak mungkin terjadi (Suwarna,2006:127). Menurut schramm (1977), media pembelajarn adalah teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Briggs (1997) mendefinisikan media pembelajaran sebagai sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran. Majunya teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat. Dunia informasi menjadi salah satu wilayah yang berkembang pesat dan banyak mempengaruhi peradaban masyarakat. Radio, Televisi, DVD, VCD,komputer merupakan contoh-contoh perangkat elektronik yang menjadi bagian dari kemajuan teknologi tersebut. Selain berfungsi informatif, media teknologi tersebut merupakan salah satu media pendidikan dengan menggunakannya sebagai media pembelajaran PKn tentang pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat   secara bebas dan bertanggung jawab.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam pemanfaatan audiovisual dalam pembelajaran PKn adalah dengan memakai perangkat multimedia untuk pembelajaran. Seorang guru PKn dapat membuat media pembelajaran dengan teknologi multimedia dan menayangkannya (mempergunakan) dalam pembelajaran. Misalnya saja dengan membuat tayangan tentang pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat   secara bebas dan bertanggung jawab seperti kegiatan-kegiatan mahasiswa yang sedang berdemo. Sungguh sangat menarik, dengan peralatan handycam, dan komputer (PC), seorang guru membuat media pembelajaran audiovisual yang akan memancing minat siswa untuk belajar dan tertarik untuk mengembangkan pengetahuannya tentang budaya politik di Indonesia, selain itu media audiovisual lain dapat menggunakan televisi sebagai media pembelajarannya, misalnya siswa diberi tugas untuk melihat berita seputar dunia perpolitikan di Indonesia, setelah itu siswa disuruh menganalisis berdasar penpapat masing-masing.
Dengan meningkatnya minat belajar siswa, maka diharapkan dapat meningkatkan keaktifan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab. Sebagai contoh misalnya didalam kelas siswa dapat aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru serta saat diskusi kelompok. Mengemukakan pendapat di muka umum berarti menyampaikan pendapat di hadapan orang banyak atau orang lain, termasuk tempat yang dapat didatangi dan/atau dilihat setiap orang. Adapun cara-cara mengemukakan pendapat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.      Lisan, contohnya pidato, ceramah, berdialog, berdiskusi, rapat umum.
2.      Tulisan, contohnya poster, spanduk, artikel, surat.
3.      Cara lain, contohnya foto, film, demonstrasi (unjuk rasa), mogok makan.




KESIMPULAN
Penggunaan dan pemanfaatan audiovisual dalam pembelajaran PKn dimaksudkan untuk meningkatkan perhatian siswa dalam prses belajar mengajar. Majunya teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat. Dunia informasi menjadi salah satu wilayah yang berkembang pesat dan banyak mempengaruhi peradaban masyarakat. Radio, Televisi, DVD, VCD,komputer merupakan contoh-contoh perangkat elektronik yang menjadi bagian dari kemajuan teknologi tersebut. Selain berfungsi informatif, media teknologi tersebut merupakan salah satu media pendidikan dengan menggunakannya sebagai media pembelajaran PKn tentang pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat   secara bebas dan bertanggung jawab. Seorang guru PKn dapat membuat media pembelajaran dengan teknologi multimedia dan menayangkannya (mempergunakan) dalam pembelajaran. Misalnya saja dengan membuat tayangan tentang pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat   secara bebas dan bertanggung jawab seperti kegiatan-kegiatan mahasiswa yang sedang berdemo.



DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa E., M.Pd, (2007), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Suwarma, 2006, Pengajaran Mikro, Tiara Wacana, Yogyakarta



Standar Kompetensi   : Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan
                                         pendapat.
Kompetensi Dasar      :  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan
                                         pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.

0 komentar:

Posting Komentar