- Apa
sajakah pedoman yang digunakan oleh guru PKN di MTS 1 Surakarta dalam
pembuatan evaluasi pembelajaran PKN?
Jawaban guru : Dalam membuat evaluasi pembelajaran PKN
guru di MTS 1 berpedoman pada silabus, RPP dan indikator
- Apa
sajakah bentuk tes yang diberikan oleh guru PKN di MTS 1 Surakarta dalam
proses pembelajaran PKN?
Jawaban guru : Dalam tes normatif
digunakan tes essay dengan pertimbangan agar siswa belajar dengan
sungguh-sungguh karena dalam tes essay apabila siswa tidak belajar
sungguh-sungguh mereka kesulitan didalam mengerjakan, lain dengan tes obyektif
siswa dapat berspekulasi dalam menulis jawaban.
- Aspek
apa saja yang dinilai guru
PKN dalam proses
penilaian?
Jawaban guru :
a. Aspek kognitif untuk menilai kemampuan siswa
didalam mengingat dan menghafal
b.
Aspek afektif untuk menilai sikap atau perilaku siswa
c.
Aspek psikomotorik untuk menilai aplikasi atau penerapan dari materi yang
diajarkan
- Bagaimana pemberian skor terhadap penilaian obyektif?
Sedangkan pada tes uraian
apakah ada pembobotan?
Jawaban guru: Pemberian skor terhadap
penilaian obyektif diberikan pada waktu tes sumatif, tiap satu nomor yang benar
diberi skor 1,75. Pada tes uraian ada pembobotan dengan pertimbangan karena antara soal satu
dengan yang lainnya memiliki perbedaan tingkat kesulitan.
Jawaban saya :
5.
Berapakah
capaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di MTS 1 Surakarta? Apakah ada
pembelajaran remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM?
Jawaban guru : KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal) di MTS untuk
mata pelajaran PKn 70
untuk siswa regular, sedangkan untuk siswa non regular 72.
KKM
ditentukan oleh MGMP, bagi siswa yang belum memenuhi KKM dilaksanakan remidi.
Remidi terkadang dilaksanakan dengan pemberian tugas berupa soal-soal tes yang
diujikan sebelumnya.
Jawaban saya :
- Bagaimana guru melaksanakan penilaian pendidikan
karakter pada mata pelajaran PKn di SMP? (mohon diberikan contoh alat
evaluasinya)
Jawaban guru : Dalam melaksanakan
penilaian pendidikan karakter guru
mengadakan pengamatan dan tes skala sikap.
Lembar
pengamatan
Nama
siswa :
No.
|
Indikator
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Kedisiplinan
|
|||||
2.
|
Ketertiban
|
|||||
3.
|
Ketaatan
dalam beribadah
|
|||||
Dsb.
|
Lembar
skala sikap
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1. saya rajin mengikuti sholat dhuhur
berjamaah di sekolah
2.
saya rajin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler mengaji di sekolah
3. dsb
|
- Berdasarkan penilaian yng dibuat guru, bagaimana
hasil belajar siswa?
Jawaban guru : Mengenal hasil belajar siswa
yang sudah mencapai KKM dan ada
yang belum sesuai KKM. Bagi yang belum sesuai KKM dilakukan remidi, yaitu lewat
penugasan dengan mengerjakan soal-soal kembali. Soal yang digunakan dalam
remidi menggunakan soal yang sama, soal berbentuk uraian, dengan pertimbangan
agar anak rajin belajar. Hal
ini diharapkan
agar siswa yang mengikuti remidi mendapatkan nilai di atas KKM, tetapi
prosentasinya kecil
- Bagaimanakah pertimbangan guru dalam menentukan
jumlah soal dan alokasi waktu?
Jawaban guru : Pertimbangan guru dalam
menentukan jumlah soal dan alokasi waktu adalah dengan melihat kompetensi dasar
yang akan diujikan.
9. Apakah Guru Pkn menyusun soal PKN berdasarkan
kisi-kisi?
Jawaban guru: Untuk ujian semester atau mid-semester,
guru menyusun kisi-kisi namun untuk ulangan harian kadang-kadang diberi
kisi-kisi tetapi lebih seringnya tidak ada kisi-kisi karena situasi atau
keterbatasan waktu. Dalam ulangan harian guru sering membuat soal dengan
mengambil dari LKS.
0 komentar:
Posting Komentar